CORPORATE STRATEGY

OUR UNDERSTANDING

Corporate strategy atau strategi korporasi secara hierarki adalah rencana strategis tertinggi pada sebuah organisasi, yang mendefinisikan tujuan dan arah perusahaan secara keseluruhan berikut cara yang akan dicapai dalam kegiatan manajemen strategis, dibangun diatas business strategy atau strategi bisnis. Dalam merumuskan strategi korporasi sebuah perusahaan harus mempertimbangkan banyak faktor dan menilai kecocokan serta sinergi seluruh bisnis yang dimiliki, pengaruh antar bisnis yang dimiliki dan struktur perusahaan induk, agar dapat mengoptimalkan sumber daya, proses dan tata kelola. 

Strategi korporsi adalah visi jangka panjang perusahaan yang jelas mengenai arah perusahaan atau organisasi, hal ini berperan dalam menentukan nilai keseluruhan perusahaan, menentukan tujuan strategis, dan memberikan motivasi untuk mencapainya. Strategi korporasi adalah suatu proses berkesinambungan yang harus mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi external dan internal perusahaan.

Komponen utama corporate strategy :

Perumusan dan pengambilan keputusan dalam strategi koprporasi harus mempertimbangkan banyak faktor, termasuk alokasi sumber daya, desain organisasi, manajemen portofolio dan pertukaran strategis. Dengan mengoptimalkan seluruh komponen tersebut diatas maka diharapkan akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada portofolio bisnis.

HOW WE HELP CLIENTS

Consulting Service

Kami membantu klien untuk memutuskan tujuan korporasi mereka dan menentukan bisnis yang memungkinkan mereka mencapai tujuan strategis dan membantu keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Tim konsultan kami akan bekerjasama dengan perusahaan klien antara lain adalah untuk :

  1. Membuat serangkaian tujuan dan sasaran yang koheren.
  2. Memahami faktor-faktor pendorong kinerja masing-masing unit bisnis saat ini.
  3. Mengidentifikasikan dan menganalisa hubungan antar bisnis.
  4. Menentukan peran peran perusahaan induk sebagai pusat.
  5. Menentukan bisnis mana yang memiliki potensi berkembang terbesar.
  6. Mementukan kebijakan atas unit bisnis apakah akan dilakukan turn around, spin out atau sell.
  7. Menemukan cara alternatif baru untuk meningkatkan keuntungan dan memperluas pangsa pasar.
  8. Mencari akuisisi yang dapat memperkuat atau memperluas bisnis yang sudah ada.
  9. Mengalokasikan modal secara strategis di antara unit bisnis.

Training Service

Kami memiliki pelatihan khusus yang ditujukan kepada klien untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat keputusan strategi perusahaan. Dari sekian banyak keputusan yang harus dibuat perusahaan, keputusan strategi perusahaan termasuk yang paling penting. Kami membantu klien mampu menjawab pertanyaan mendasar seperti : bagaimana dan bisnis mana yang harus dimasuki perusahaan ? (diversification), bagaimana dan dari bisnis mana harus keluar ? (divestiture), dan bagaimana seharusnya mengatur kantor pusat perusahaan untuk menciptakan nilai di seluruh bisnis yang berbeda ? (corporate HQ). Klien akan dapat lebih memahami dan mempelajari cara untuk menganalisis dan mengelola keputusan dari perspektif tingkat perusahaan, yang menekankan pengelolaan banyak bisnis dan berbagai stakeholders.

Partisipan atau klien akan memahami bagaimana perusahaan menciptakan dan menangkap nilai sebagai perusahaan multi-bisnis ; mempelajari alat dan kerangka kerja untuk menilai pilihan terkait ruang lingkup perusahaan, transaksi perusahaan, dan strategi global ; menganalisis situasi bisnis yang kompleks dan mengembangkan strategi perusahaan yang koheren ; memahami peran corporate governance perusahaan dan stakeholders management di perusahaan modern.

Click the button below to get more information about our consulting.